Rabu, 15 Juli 2009

Jangan Sekedar Menang Bersaing

Dear all,
Pernah dengar peribahasa Gajah bertarung melawan gajah,pelanduk mati ditengah-tengah. Itu namanya hukum rimba,itu namanya kompetisi hidup atau mati. Dan banyak perusahaan menggunakan prinsip berkompetisi seperti itu. Saling membunuh atau 'memakan', dan kalau meleset yang biasanya jadi korban adalah perusahaan lain yang lebih kecil.
Jadi tujuan kompetisi adalah bukannya saling membunuh,dan tidak dipandang seperti pertandingan tinju, yang menang akan mendapatkan kemenangan mutlak, tapi dipihak lawan menderita luka yang cukup parah.
Kompetisi bisnis sebaiknya dianalogikan dengan lomba balap monil, artinya kompetisi seharusnya dipandang seperti mobil yang sedang 'beadu cepat',atau dalam kejadian bisnis punya makna berlomba lebih maju dibandingkan dengan kompetitornya.
Dengan prinsip seperti itu kompetisi harus terus dipelihara dengan mengedepankan etika dan aturan main. Pada prinsip seri balap mobil seperti 'Formula One', kemenangan sesungguhnya baru tercapai ketika seorang pembalap bisa mempertahankan kepemimpinannya sampai diakhir balap. Dengan demikina hal itu memiliki makna tidak harus seorang pembalap selalu menang pada setiap kejuaraan.
Jadi dengan prinsip seperti ini, maka perusahaan yang bersaing tidak harus memaksakan diri menjadi nomor satu pada semua produk yang mereka buat. Dan mensyukuri hasil yang sudah dicapai meskipun belum menjadi nomor satu akan menjadi modal untuk lebih baik dimasa yang akan datang. Menjadi nomor dua atau tiga juga merupakan prestasi dan kenikmatan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar